PERKEMBANGAN TIK

 Sabtu, 5 September 2020


PERKEMBANGAN TIK

       Dunia semakin maju, sebagai pengguna teknologi, seperti smartphone, internet, laptop, faximile dan sebagainya kita tentunya harus terbiasa dan bisa menggunakan, tidak lagi dikatakan "gaptek" (gagap teknologi). Untuk selanjutnya Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) berperan besar dalam perubahan peradapan manusia.

       TIK sendiri mencakup 2 (dua) aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengolahan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan menstranfer data perangkat yang satu ke lainnya. Istilah TIK sendiri muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer, baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan bat ke-20. perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad k2-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya. Perubahan itu terdapat di era awal masa sejarah dan pada era modern.

       Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang memberi sumbangan terhadap perkembangan TIk hingga saat ini. Pertama adanya penemuan telepon oleh Alwxander Graham Bell pada tahun 1875. temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan amerika. Selanjutnya jaringan telepon merupakan infrastruktur  pertama yang dibangun untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya tahun 1910-1920, perkembangan TIK ditandai dengan sebuah transmisi suara kabel melalui siaran radio AM yang pertama dan mengalami perkembangan pesat. Kemudian diikuri pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik beroperasi tahun 1943. Perkembangan teknologi elektronik yang selanjutnya merupakan cikal bakal TIK saat ini, semakin mendapatkan moment emasnya pada era Perang Dingin antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet). Perkembangan semakin pesat sehingga puncaknya melahirkan mikroprosesor sebagai otak perangkat keras komputer, dan terus berevolusi sampai sekarang. Sehingga terjadinya revolusi industri yang menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti otot manusia, sedangkan revolusi digital menciptakan mesin-mesin menggantikan otak manusia.

       Perkembangan teknologi informasi pada masa prasejarah dimulai dari tahun 3000SM yang pada saat itu ditemukan tulisan untuk pertama kalinya oleh bangsa Sumeria. Sedangkan pada era modern perkembangan pertama teknologi informasi dimulai dengan adanya media cetak, seperti surat kabar atau koran. Berikut perkembangan Teknoligi Informasi dan Komunikasi di dunia secara lengkap:

1. Masa Prasejarah (Hingga 3000 SM)

Meskipun belum mengenal istilah teknologi pada masa ini, namun manusia prasejarah tentu mencoba memulai berkomunikasi dengan menuangkan seluruh aktivitas ke dalam bentuk gambar yang biasanya diletakkan pada dinding-dinding gua tempat mereka tinggal. Setelah itu cara mereka berkomunikasi teru berkembang dari menggunakan bahasa isyarat hingga menciptakan alat seperti kentongan yang terbuat dari tabduk hewan untuk menyampaikan informasi serta juga menggunakan simbol-simbol semacam pictograf untuk melambangkan huruf.

2. Masa Pasca Prasejarah/ Masa Sejarah (3000 SM – 1400 M)

Pada masa sejarah teknologi telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Banyak cikal bakal teknologi modern yang lahir di masa ini, antara lain:
  • Bangsa Mesir Kuno menciptakan huruf heiroglyph yang berupa simbol-simbol untuk mewakili setiap pembicaraan atau ungkapan di tahun 2900 SM.
  • Ditemukannya mesin kertas pertama kali dengan menggunakan tumbuhan papyrus pada tahu 500 SM.
  • bangsa China mengembangkan kertas seperti yang kita gunakan saat ini di tahun 600 SM.

3. Masa Modern (1400M – Sekarang)

  • 1455 Jonathan Gutenberg menggunakan mesin cetak untuk mencetak plat huruf
  • 1830 Augusta Lady Byron dan Charles Babbage berhasil menulis program komputer yang pertama kali menggunakan mesin analytical untuk mengolah data menghasilkan keluaran dalam bentuk kartu
  • 1837 Samuel Morse bersama dua rekannya sukses mengembangkan mesin telegraf yang berupa kode Morse. Kode ini memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan melalui kabel yang dihubungkan pada dua lokasi dan diproses dalam waktu yang bersamaan.
  • 1861 Ditemukannya teknologi cikal bakal film yang mirip seperti sekarang ini, dimana gambar dibuat bergerak dan diproyeksikan menggunakan sebuah layar besar.
  • 1876 Dikembangkannya penulisan bilangan desimal oleh Melvyl Dewey.
  • 1877 Perangkat telepon ditemukan oleh Alexender Graham Bell, pada tahun yang sama Edweard Muybridge juga berhasil menemukan teknologi fotografi dengan kecepatan tinggi.
  • 1899 Media penyimpanan ditemukan pada tahun ini, namun masih menggunakan pita magnetik yang beesifat analog.
  • 1923 Zvorkyn berhasil menemukan TV tabung pertama.
  • 1939 Terciptanya komputer elektronik digital pertam oleh Dr, John V Atanasoft dan Clifforf Berry.
  • 1940 lebih dimaksimalkannya pengembangan teknologi komunikasi yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan dokumen militer pada saat Perang Dunia Kedua terjadi
  • 1945 pasca Perang Dunia Dua, Vannevar Bush menemukan sistem pengkodean menggunakan hypertext, yang merupakan teknologi cikal bakal pembuatan wersite
  • 1946 Teknologi komputer ENIAC I dikembangkan untuk pertama kali dan digunakan dalam instansi tertentu.
  • 1948 Para peneliti berhasil menemukan dan mengembangkan transistor
  • 1957 jean Hoerni mengembangkan perangkat transistor planar
  • 1972 Cikal bakal teknologi email ditemukan oleh ray Tomlinson dan dipergunakan untuk berkomunikasi jarak jauh
  • 1973-1990 Setelah melewati berbagai macam revulusi teknologi pada tahun inilah akhirnya internet mulai dikembangkan. Bahkan protokol jaringan berupa TCP/IP juga telah ditemukan oleh DARPA. Dengan itu internet siap diperkenalkan. Kemudian berselang beberapa tahun, tepatnya tahun 1986 pihak IETF mengembangkan sebuah server yang digunakan sebagai alat koordinasi diantara DDN, ARPANET, dan Internet Gateway.
  • 1991-sekarang Akhirnya teknologi pada tahun ini mulai diterapkan dalam berbagai sektor, termasuk dalam dunia bisnis. Istilah WWW (word Wide Web) diperkenalkan oleh CERN pada tahun 1992 hingga sekarang perkembangan teknologi mutakhir telah merambah ke seluruh dunia.


#By Hand

#Semangat Daring



Komentar

  1. Nama:nila meilany
    Ni. Absen:22
    Kls:7c
    Saya faham

    BalasHapus
  2. Nama: Ahmad tri prayogi
    Absen:3
    Kelas:7c

    BalasHapus
  3. Nama: Rendra Pratama putra
    No.24
    Kls.7c

    BalasHapus
  4. Nama:Jihan naurah raihanah
    NO.15
    Kls.7C
    Saya paham

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Nama:Mahda Diasna Arhidia
    No:16
    Kls:7C
    Saya paham

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama : Zaskya Ariyo Ramadhani
    No absen : 29
    Kls 7 C
    Saya paham

    BalasHapus
  9. Nama : Vika Aprilia
    No absen : 27
    Kls : 7c
    Saya paham

    BalasHapus
  10. Nama: Nabillah
    No absen:30
    Kls: 7c

    BalasHapus
  11. Nama:farel firdo ardiansyah
    No:11
    Kls:7c
    Saya faham

    BalasHapus
  12. Nama: Annisa Naila Zahra
    Kls:7c
    No Absen:6
    Saya Faham

    BalasHapus
  13. Nama:Abdan Rofiq A'laa
    No absen:01
    Kelas:7C
    Saya paham

    BalasHapus
  14. Nama : gisca desy Ratna Sari
    No absen :13
    Kls:7c
    Saya faham🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Aditya setiawan putra
      Kelas:7d
      No absen:3
      SAYA SUDAH FAHAM TERIMA KASIH

      Hapus
  15. Nama : M Jodi Dwi Setiawan
    Kelas :7c
    No absen : 17
    Saya sudah paham, terimakasih..

    BalasHapus
  16. NAMA : WIDIA OKTAVIA SARI
    KELAS : 7C
    NO ABSEN :28
    SAYA SUDAH FAHAM TERIMA KASIH

    BalasHapus
  17. Nama:Rangga Hendrick saputra
    Absen:23
    Kelas:7c

    BalasHapus
  18. NAMA : Rangga Hendrick saputra
    KELAS : 7C
    NO ABSEN :23
    SAYA SUDAH FAHAM TERIMA KASIH

    BalasHapus
  19. NAMA:SAPUTRA NUR ROKHIM
    NO:25
    Kls:7C
    Saya paham

    BalasHapus

  20. Nama :Nimas Ayu Ajeng Anjarani Andriyono
    Absen :25
    Kels :7B

    BalasHapus
  21. Nama : Giska Dwi Maulianda
    Absen : 10
    Kelas : 7B

    BalasHapus
  22. Nama:M.agung addit s
    Absen:16
    Kelas:7B

    BalasHapus
  23. Nama:Jerni Ikvi Pernata Q
    Absen:13
    Kelas :7B

    BalasHapus
  24. Saya sudah faham Bu
    Nama: Anna Yunita Rahma
    No Absen:06
    Kelas:7B

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Nama indah ayu
      No absen 14
      Saya faham

      Hapus
  26. Nama: Bilqis Ayudya Romadhoni
    No Absen: 08
    Kelas: 7B
    Saya paham

    BalasHapus
  27. NAMA:KHAIRUN NISA
    ABSEN:15
    KELAS:7B
    SAYA SUDAH FAHAM!

    BalasHapus
  28. Nama: Nimas Ayu Ajeng Anjarani Andriyono
    Kelas:7B
    Absen:25
    "Saya paham"

    BalasHapus
  29. Nama:Ilya syafiqoh
    Absen:12
    Kelas:7b
    Saya faham

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Nama:Alifa Keysha Putri
    No Absen:04
    Kelas:7B
    Saya paham

    BalasHapus
  33. Nama:Ravi Adi sateriyo
    Absen:27
    Kelas:7b
    Saya faham

    BalasHapus
  34. Nama: Dava Maulana Putra
    No absen: 09
    Kelas: 7B
    Saya paham!

    BalasHapus
  35. Nama:ANDREAN BINTANG RAMADHAN
    Absen:05
    Kelas:7B
    Saya paham

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Nama:M.Fadhli Dzikri R
    No absen:17
    Kelas:7b
    Saya faham!

    BalasHapus
  38. Nama:Safira Lianahardi
    No absen:29
    Kelas:7B
    keterangan:Alhamdulillah saya faham

    BalasHapus
  39. Nama:moh faril iksan
    No. : 23
    Kls. :7b
    Keterangan:saya faham

    BalasHapus
  40. Nama : Arsy Al Ghifari
    Kls. :7B
    Nmr absen:7
    Keterangan: saya sudah faham, terima kasih

    BalasHapus
  41. Nama:Reyhan akbar pratama
    Kls:7b
    No absen:28
    Keterangan:saya sudah faham,terima kasih

    BalasHapus
  42. Nama: Nur Azizah
    No absen: 26
    Keterangan: pahan

    BalasHapus
  43. Nama:Almira Budi Rafidah
    No absen:3
    Kelas:7E
    Keterangan: Saya Paham.

    BalasHapus
  44. Nama:arya febrian saputra
    No absen:5
    Kelas:7E
    Keterangan:paham

    BalasHapus
  45. Nama : AULIA QUIN VAENESSA
    No.absen : 6
    Kelas :7D

    BalasHapus
  46. Nama: Zarra Qumairo
    No.absen: 28
    Kelas: 7d
    keterangan: Saya paham

    BalasHapus
  47. Nama: Icha nur avrilla
    No.absen: 13
    Kelas : 7d
    Saya paham

    BalasHapus
  48. nama:yuvanisa charisma sw.
    klas:7D
    no absen:27
    saya fham

    BalasHapus
  49. Nama:almulk wahsilah mstajab
    No absen:2
    Kls:7E
    Keterangan:faham

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum
    Nama: rafka aji Saputra
    Kls:7D
    No absen:21
    Saya paham

    BalasHapus
  52. Nama:Azza Azkia Khoirunnisa
    No Absen:7
    Kelas:7D
    Keterangan:Faham

    BalasHapus
  53. Nama: WISNU LILIYANTO P. A
    Kelas:7D
    No absen:26
    Keterangan:Faham

    BalasHapus
  54. Nama: Niken Yulianti
    Kelas 7D
    No absen: 20
    Keterangan: faham

    BalasHapus
  55. NAMA:WISNU ADJI
    NO ABSEN:25
    KELAS:7D

    BalasHapus
  56. Nama : Gagat Reza Ardiansyah
    Kelas :7 D
    No absen :11
    Keterangan : faham

    BalasHapus
  57. nama: siti maulidya
    kelas: 7D
    no absen: 23
    keterangan: faham

    BalasHapus
  58. NAMA:ADE FEBRIANA PUTRI
    KELAS:7D
    NO ABSEN:01
    KETERANGAN:SAYA FAHAM

    BalasHapus
  59. NAMA:Ade febriana putri
    KELAS:7D
    NO ABSEN:01
    KETERANGAN:faham

    BalasHapus
  60. Nama:Adinda Finza Artanevia kelas:7D
    No Absen:02
    Keterangan:Saya Faham

    BalasHapus
  61. Nama:Nurul Khusnul k.
    Kelas:7C
    No absen:30
    Keterangan:faham

    BalasHapus
  62. Nama:Vika Aprilia
    Kelas:7c
    No absen:27
    Saya sudah faham

    BalasHapus
  63. Nama: Muhammad Rendi
    Kelas:7c
    No absen:19
    Keterangan:paham

    BalasHapus
  64. nama: INDRI MUJI ASTUTIk
    Kelas:7c
    No absen:14
    Sudah faham

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Nama: DAVA maulana putra
    Noab sen: 09
    Kelas: 7B
    Saya Sudan paham

    BalasHapus
  67. Nama:moh faril iksan
    No:23
    Kls:7b
    Saya famah

    BalasHapus
  68. Nama:M Fadhli Dzikri R
    No absen:17
    Kelas:7b
    Saya faham

    BalasHapus
  69. Nama :Arsy Al Ghifari
    Kls. :7B
    No.absen:7

    BalasHapus
  70. Nama: Nur Azizah
    Kelas: 7B
    No absen: 26
    Keterangan: Faham

    BalasHapus
  71. Nama:Ahmad Refi Fahrudin
    Kelas:7B
    No absen:03
    Keterangan:Faham

    BalasHapus
  72. Mama : Muhammad Anwar Fauzi
    No apsen :13
    Kelas :7E

    BalasHapus
  73. Nama:almulk wahsilah mustajab
    Kl:7E
    No absen:2
    Keterangan:faham

    BalasHapus
  74. Nama:ARYA FEBRIAN SAPUTRA
    KLS:7E
    NO ABSEN:05
    KETERANGAN:GAHAM

    BalasHapus
  75. Nama:Adinda Finza Artanevia
    Kelas:7D
    Absen:02
    Keterangan:Saya Faham

    BalasHapus
  76. Nama : M Rendi Setiawan
    Kelas :7 - E
    Absen :16
    Keterangan : Faham

    BalasHapus
  77. Nama:Nurul Khusnul k
    Kelas:7C
    Absen:23
    Keterangan: faham

    BalasHapus
  78. Nama: Muhammad Rendi Saputra
    Kelas:7c
    Absen:19
    Keterangan
    :Faham

    BalasHapus
  79. Nama:kaila Aulia Rahma
    No absen:14
    Kls:7 b
    Saya faham

    BalasHapus
  80. NAMA : Nur Azizah
    KELAS : 7B
    NO ABSEN :26
    Keterangan: Faham

    BalasHapus
  81. NAMA :Jerni Ikvi Permata Q
    kelas : 7B
    NO absen : 13
    KETERANGAN : faham

    BalasHapus
  82. Nama:arya febrian saputra
    Kelas:7E
    No abasen:05
    Keterangan:faham

    BalasHapus
  83. MAMA: Dava maulana putra
    KELAS: 7B
    NO ABSEN: 09
    KETERANGAN: faham

    BalasHapus
  84. nama:moh faril iksan
    Kelas:7b
    No. :23
    Keterangan:saya faham

    BalasHapus
  85. nama:INDRI MUJI ASTUTIK
    Kelas:7c
    No:14
    Keterangan:faham

    BalasHapus
  86. Nama:ahmad fachri reval saputra
    Kelas:7B
    Saya faham

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIGITAL TOOL

ANIMASI PLOTAGON