INTEGRATING DIGITAL TOOLS IN LESSON PLAN

Sabtu, 18  Juli 2020



INTEGRATING DIGITAL TOOLS IN LESSON PLAN
 By
Mr. Dadan
waktu 13.00 - 14.30 WIB

Workshop online yang sangat menarik, kita bisa tahu membuat Lesson Plan dan memasukkan digital tool ke dalamnya. Kita di bawa dalam situasi seperti dalam pembelajaran daring sesungguhnya, pemateri sebagai pendidik, peserta workshop online sebagai peserta didik. Lesson Plan sendiri adalah suatu struktur atau program perencanaan yang dibuat oleh pengajar yang berisi:
  1. Tujuan Pembuatan Lesson Plan
  2. Element yang terdapat dalam Lesson Plan
  3. Cara pembuatan lesson plan
  4. Material yang digunakan
Tujuan dari pembuatan Lesson Plan adalah untuk mempermudah proses pengajaran di dalam kelas. Kelas bisa berjalan lebih efektif dan lebih terstruktur dan terorganisasi. Element-element yang digunakan dalam sebuah Lesson Plan adalah:
  1. Topik yang akan dibahas
  2. Tarikh pengajaran (Date)
  3. Tingkatan pengajaran (Grade)
  4. Tempoh pelajaran (Duration)
  5. Tujuan yang akan dicapai setelah topik (Goals)
  6. Objectives:
  7. Alat- alat/ bahan (Materials)
  8. Proses (Procedures)
  9. Evaluasi (Assesement)

Sedangkan digital tool adalah sarana berupa tool-tool digital, bisa berupa aplikasi-aplikasi atau software  yang bisa kita unduh melalui internet dengan sarana laptop (personal komputer) ataupun HP. Perlu kita ingat digital tool berfungsi  untuk memperjelas materi, interaktif, menarik. Dalam membuat digital  usahakan menggunakan aplikasi yang biasa atau ramah dengan peserta didik, tentunya ada sosialisasi atau tutorial menggunakannya, sehingga peserta didik merasa nyaman, dapat menggunakan dengan maksimal, tentunya menyesuaikan dengan kesiapan atau keadaan dari peserta didik yang kita hadapi di lembaga sekolah kita masing-masing.

Pembelajaran daring bersama Bpk Dadan  akan tercapai jika Bapak/Ibu peserta bisa mengetahui, mencoba dan memanfaatkan tool yang tepat untuk KBM.(dalam RPP), Peserta berpartisipasi aktif dan open mided (berfikir terbuka)

Materi  lebih lengkap disertai tutorial dari pak Dadan di link berikut:
https://sway.office.com/3NUWAldEQoSgXRNP?ref=Link


Digital tool yang bisa dipilih diantaranya:

  1. Zoom chat
  2. Google slide (ppt untuk menyampaikan materi)
  3. google doc (mengetil naskah bahan ajar)
  4. Padlet
  5. http://wheelofnames.com (permainan roda berputar, dan berhenti siswa harus menjawab pertanyaan.
  6. Menti.com
  7. Sway (ppt dengan microsoft365)
  8. Edpuzzle
  9. Teaming
  10. Classmarker
  11. Mindmeister

Kegiatan 1

Permainan melalui zoom chat


Perkenalan peserta:

https://padlet.com/kk105writers/w2u70po5efdrlld1

Peserta diajak untuk share lokasi masing-masing.

caranya kopi link padlet paste di browser


Kegiatan 2

Unpacking the lesson Plan

breakout rooms Zoom

Kegiatan ini melakukan breakout di room zoom untuk melakukan tugas kelompok

Tugas Diskusi: Tulislah komponen utama/bagian-bagian penting/ kegiatan inti dalam RPP? lesson plan

Panduan:

  • Peserta dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang
  • Di dalam kelompok, tentukan siapa ketua, sekretaris dan juru bicara
  • Diskusi selama 7 menit
  • Hasil diskusi ditulis oleh sekretaris di padlet Link :https://padlet.com
  • Setelah semua kembali ke room utama, juru bicara akan berbagi hasil diskusi.
  1. kegiatan ini difokuskan untuk Apersepsi, penyampaian materi, kegiatan siswa (Kegiatan latihan), Penutup dan penilaian (formatif ?sumatif


Kegiatan 3

Tiga alasan memilih sebuah digital tool adalah.... (contoh memperjelas materi)

Menti.com

Kode: 83 34 74

ATAU https://www.menti.com/wet3j6ing8

Contoh penggunaan digital tools dalam RPP


Kegiatan 4 Diskusi

Wheelofnames

Pertanyaan:

  1. Apa pertimbangan utama memilih sebuah digital tool?
  2. Apa nama digital tool yang sudah pernah Anda gunakan? Di RPP, ditulis di bagian mana?
  3. Bagaimana digital tool yang Anda pilih bisa memotivasi belajar siswa?
  4. Apa nama digital tool yang 'gagal' Anda gunakan di kelas online

Memilih digital tool yang tepat, familiar yang membuat anak-anak tidak terbebani, misal membuatkan tutorialnya sehingga anak-anak lebih mudah menggunaknnya, dan merasa nyaman.


Kegiatan 5 MEDIA VIDEO

Edpuzzle

https://edpuzzle.com/media/5f103259cf55063f381e48c9

Tutorial: https://www.youtube.com/watch?v=U1c80e_yYW0


Kegiatan 6 MEDIA GAMBAR

Teaming

https://teaming.now.sh/f/5f122c940da2cf00075e98e8


Kegiatan 7 SUMATIF

Classmarker

www.classmarker.com

Tutorial: https://www.youtube.com/watch?v=iHXD1DBB9Qk


Kegiatan 8 KOLABORATIF

Mindmeister

https://mm.tt/1567234826?t=Fg9Bg89GW5


Kegiatan 9 PERMAINAN

https://whiteboard.fi/







LEARNING

RPP: https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/



Kegiatan 10: Action Plan

Integrasi Digital Tools dalam Lesson Plan

PADLET

https://padlet.com/kk105writers/x7fi62892ft8yid3


Walau mengikuti dengan HP, setidaknya memberi pengetahuan yang banyak untuk menerapkan digital tool yang mana, yang cocok dengan peserta didik, semua tergantung kita pendidik mempunyai wawasan dan pengetahuan digital tool dulu sebelum mengambil langkah yang mana untuk diterapkan.

#PSSDM3



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN TIK

MS-OFFICE WORD 2010

SESAAT BERSAMA MBAK LEONNY DI AISEI