PENGAJAR BELAJAR di gurudigital


 Senin, 10 Agustus 2020

Trainer : SIREGAR BUKTI

Alhamdulillah, akhirnya bisa ikut belajar sekitar website, bersama guru-guru hebat, trainer Bpk Siregar Bukti, Host Bpk Asep Nurhidayat

MATERI HARI KE1 (Senin, 10 Agustus 2020)

SESI 1

Pengembangan web (pengenalan)

Kami diajak mengenal apa itu website, istilah, pengertian, mencoba melihat website yang ada di internet, membandingkan satu dengan yang lainnya, sehingga kita tahu seharusnya bagaimana membuat website yang menarik, uptude, orang merasa senang dengan desain website yang kita buat. Trainer sesekali mengarahkan peserta ke umpan balik ataupun review materi sebelum ke materi selanjutnya, apakah pelajaran bisa diikuti dengan menjawab pertanyaan lewat www.slido.com. Untuk membuat website layaknya kita membuat blog, mau menggunakan blogger, wordpress. Yang kita kuasai yang mana.

Materi yang diajarkan adalah:

  • mempelajari alur Belajar pengembangan web, 
  • Lanskap pengembangan web 2020, 
  • menganalisis teknologi pada web

Dalam belajar website itu susah menghafal sintaks yang digunakan, solusinya semakin sering kita gunakan, semakin banyak kita ingat. Mulai dari mana, bingung harus belajar pemrograman apa yang digunakan, solusi yang digunakan kita bisa browsing, sumber artikel kebanyakan  berbahasa Inggris tidak menghalangi kita untuk belajar yang penting ada kemauan.

Website pada perusahaan besar dibangun oleh sebuah tim, yang mempunyai tugas dan perannya masing-masing, bagian-bagian itu diantanya:

  1. Frontend Developer, bekerja membangun aplikasi client, fokus pada bagaimana aplikasi dapat terlihat baik, konten, gambar, struktur tampilannya indah, HTML, CSS,Javascript
  2. Backend Developer, bekerja membangun aplikasi server, fokus bagaimana alikasi dapat berjalan baik, alur bisnis, pengpolahan data, performa, PHP, Java, API, Server dll.
  3. DevOps, bertanggung jawab atas server, dan operasional dalam pengembangan web, memastikan server berjalan baik, membangun otomasi untuk alur kerja developer
  4. Desainer, meneliti, dan memvalidasi kebutuhan pengguna, mendesain tampilan web dari kebutuhan yang telah di validasi, memastikan desain yang nyaman untuk pengguna.
Perangkat dasar dalam pengembangan web
computer & OS        : McOS, Linu, Windows
Terminal                    : iTern, Bash, Powershell
Editor teks                :  VSCode, Atom, Sublime Tet
Peramban web            :  Chrome, Firefo, Safari, Edge
Desain (Opsional)     :  Adobe D, Figma, Photoshop

Untuk membuat website yang baik, kita peru belajar dan tahu teknologi dari web yang kita kunjungi, istilahnya belajar dari contoh sukses, dengan mengenali tampilan, dan tool yang digunakan. caranya dengan : Wappalyzer.com/download
caranya:
  • Buka wappalyzer.com/download
  • Pilih browser yang digunakan misal chrome
  • Pilih halaman chrome web store, pilih Add to chrome, lalu konfirmasi penginstalan
  • Setelah terinstal, kita menelusuri web dengan melihat ikon kanan atas yang menandakan teknologi  yang  digunakan oleh web tersebut.

SESI 2 

Pengenalan ke UI dan U

  • UI (User Interface): Tampilan sebuah produk dimana pengguna berinteraksi
  • U (User perience): Pengalaman pengguna secara keseluruhan ketika pengguna memakai sebuah servis atau produk
  • Website difokuskan kepada arsitektur informasi, karena banyaknya informasi yang bisa ditampung sebuah halaman web.

Menguasai Konsep Prototyping

Prototyping adalah proses visualisasi ide dan juga proses pembangunan ide. Wireframe adalah kerangka atau coretan kasar yang isinya adalah gambaran konten yang akan ditampilkan dalam sebuah website atau app. Saat mnembuat user flow, desainer sesungguhnya sedang memikirkan bagaimana cara memandu pengguna dalam menggunakan solusi yang kita rancang. Wireframing adalah proses yang penting supaya desainer bisa memvisualisasikan ide yang menghemat waktu dan uang. Ada 8 golden rules dalam mendesain, yaitu: 

  1. Konsisten dalam penggunaan warna, typography, visual dan feel
  2. Menghadirkan jalan pintas untuk menyelesaikan suatu aksi
  3. Berikan pengguna wawasan tentang apa yang sedang terjadi
  4. Menunjukkan bahwa tugas sudah selesai sambil memberikan umpan balik yang informatif
  5. Meminimalisir kesalahan pengguna dengan menunjukkan peringatan, indikator, atau penanda
  6. Membolehkan pengguna untuk menggagalkan aksi mereka
  7. Memberikan pengguna kendali atas tindakan mereka pada suatu aplikasi
  8. Memberikan jalan pintas ke beberapa fitur yang sering digunakan oleh pengguna
Untuk mempraktekkan materi UI/U adalah di:
https://www.figma.com/




#gurudigital





Komentar

  1. Banyak istilah yg tidak saya pahami, mungkin enak jika bentuknya video tutorial ya bu :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN TIK

Menerbitkan Buku dari Hasil PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Mas Brian Sang blogger Muda